BIKIN KETUPAT YANG PENUH PERJUANGAN

Yiipii…. Lebaran bentar lagi tiba. Seperti tahun-tahun sebelumnya, menjelang Lebaran kantorku mulai berbenah untuk menyambut hari kemenangan. Tempelan dan pernak-pernik yang berbau lebaran sudah dikeluarkan dari tempat persembunyiannya, pita warna warni yang nantinya akan dirangkai menjadi ketupat juga sudah tersedia.

IMG_20150701_074303

Kemarin sore beberapa teman sudah mulai sibuk dengan pita warna warni untuk dirangkai menjadi ketupat. Saya jadi tertarik untuk gabung, dengan PD nya saya meminta sepasang pita untuk saya rangkai menjadi sebuah ketupan yang cantik nan indah, seindah pembuatnya (yang tidak terima dilarang komen, cukup dibatin saja ya.. 🙂 ). 1 menit, 2 menit, 3 menit, dan hampir 1 jam berlalu, tapi sayangnya sepasang pita itu tak bisa berubah mejadi sebuah ketupat yang cantik nan indh, kalau bahasa kasarnya, saya gagal membuat sebuah ketupat.

Ohh… sungguh memalukan sekali saudara-saudara sebangsa dan setanah air, padahal nie ye, saya bisa bikin ketupat dari janur asli, beneran saya bisa, ini bukan omong kosong, beneran saya bisa bikin ketupat dari janus asli, kalau tak percaya tanya dech sama emak saya dirumah *Alay.mode.on.saudara2. Tapi kok ya aneh, saya gagal bikin ketupat dari bahan pita warna warni, emang sich ini baru pertama kalinya saya bikin ketupat dari bahan pita warna warni, tapi kan seharusnya tidak gagal seperti ini, lha wong saya ini termasuk cewek yang ahli di bidang merangkai ketupat dari bahan janur asli. *PD.mode.on. Lagian cara bikin ketupat dari bahan janur, ato dari bahan pita warna warni kan sama.

Setelah saya analisa ternyata kegagalan yang memalukan ini disababkan oleh sang pita. Kenapa sang pita yang disalahkan?? Karena pitanya berwarna warni, eh bukan ding, karena bahan pita yang lentur membuat pita susah dirangkai karena pitanya mudah lepas dari rangkaian, beda kalau bikin ketupatnya dari bahan janur yang kaku, rangkainya enak tidah mudah lepas dari rangkaian. Jadi kesimpulannya semakin kaku bahan yang kita gunakan untuk bikin ketupat, semakin mudah dirangkainya. Itu sich menurut saya aja, kalau ada yang punya opini lain ya silahkan. hehehe.

Beberapa kali mencoba bikin ketupat dan tak ada yang berhasil, akhirnya saya menyerah sementara, dan melanjutkan kerjaan yang sempet saya tinggalkan.

“Eh ta mana ketupat bikinanmu” Tegur seorang teman yang duduk di pojok ruangan.

“Anu…. belum ada yang jadi” Nyengir kuda

“Katanya jago bikin ketupat” Temen yang satunya ikut komentar

“Iya se, tapi kok tiba-tiba bleng ya, nanti dech aku semedi dulu” Jawab seenak gue 😀

Singkat cerita keesokan harinya pagi-pagi sekali, barusan saja sampe kantor, tiba-tiba keinget akan pita warna warni yang saya simpen di laci meja kerja. Dengan hati yang deg-degan saya buka laci itu dan saya ambil sepasang pita warna warni yang sempat membuat hati saya remuk berantakan, dengan kekuatan sepenuh hati saya mulai merangkai pita warna warni itu untuk dijadikan sebuah ketupat. Dan hasilnya apa saudara….. jeng…jeng…jeng… saya gagal!!!. Kecewa berat dech.

Tapi saya tak mau menyerah semudah itu “Masih pagi mita, jangan menyerah begitu saja” Begitulah kata hati saya waktu itu 😀

Saya kumpulkan kembali kepingan hati yang telah hancur, saya kembali merangkai denagn hati-hati dan penuh konsentrasi, dan kali ini saya….. berhasih….. (ayo beri tepuk tangan untuk saya)

IMG_20150626_083644 IMG_20150627_085020

Akhir cerita saya berhasil membuat sebuah ketupat dari pita warna warni, tak sia-sia semedi semalaman… hehehe…

PERHATIAN : Cerita ini mengandung unsur ke.PD.an dan ke.ALAY.an, jika kurang berkenan mohon dimaafkan… 😀

4 komentar di “BIKIN KETUPAT YANG PENUH PERJUANGAN

Minta komennya dong.....