Batik itu Keren

Sejak di tetapkannya batik sebagai salah satu Budaya Tak-benda Warisan Manusia oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009, secara pasti batik berubah dari barang yang di lihat sebelah mata menjadi barang keren yang banyak diminati banyak orang.

Ngomongin soal batik ini saya tertarik dengan pembahasannya mbak Evi yang ada di blognya yang berjudul Berbatik dalam perubahan social. Dulu sebelum batik di akui UNESCO sebagai salah satu Budaya Tak-benda Warisan Manusia, saya tidak tertarik sama sekali sama baju atau pun benda yang bermotif batik, karena menurut saya waktu itu, kesannya kuno dan lebih pantas di pake oleh orang yang sudah berumur. Dan saat itu saya yang menganggap diri saya masih muda dan kece ini sangat anti dengan batik biar gak di ejek teman-teman sebagai orang kuno, dan saya masih ingat betul baju batik yang saya miliki waktu itu cuma satu biji doang, yakni baju batik sekolah yang wajib di gunakan setiap hari rabu dan kamis, itu pun terpaksa saya pakenya, soalnya kalau gak di pake pasti gak bisa masuk sekolah karena gak pake saragam, atau malah memalukan diri saya sendiri karena salah kostum.

Namun setelah kejadian tanggal 2 Oktober 2009 saya merasakan kejadian yang luar biasa, batik di beritakan dimana-mana di TV, di Koran, di berita online, dan di Radio juga, semua ngomongin kebangganannya terhadap batik. Batik membuat perubahan social terhadap sebagian besar warga Indonesia, orang-orang dan teman saya yang dulunya menganggap batik itu kuno sekarang berubah mengeluh-eluhkan batik, mereka berbondong-bondong belanja batik, batik yang dulu di pandang sebagai barang kuno kini sekarang di pandangan sebagai barang modern nan keren.

mita love batik

mita love batik

Bagaimana dengan saya?? Saya jelas ikutan mengeluh-eluhkan batik, sebagai warga Indonesia saya ikutan bangga dengan batik karena telah di akui UNESCO sebagai salah satu Budaya Tak-benda Warisan Manusia, saya yang dulu tak suka batik, sekarang dengan pastinya saya menyatakan kecintaan saya sama batik, baju batik saya sekarang bukan hanya baju batik sekolah saja, saya punya beberapa baju batik bahkan saya juga punya sandal dengan motif batik juga, jilbab saya juga ada yang bermotif batik.

BANNER-EVIINDRAWANTO1

First Give Away : Jurnal Evi Indrawanto

72 thoughts on “Batik itu Keren

  1. Di Nürnberg, pernah kita warga Indonesia mengenalkan dan mengumumkan kalau Batik itu punyanya Indonesia, kita semua dari yg bayi sampai yang sepuh berbatik ria..membagikan pembatas baca ke setiap orang yg lewat bermotivkan Batik..:)

    Oh ya semoga menang yaaa..

  2. Ada sedikit pertanyaan dari saya.

    “Bagaimana dengan saya?? Saya jelas ikutan mengeluh-eluhkan batik, sebagai warga Indonesia saya ikutan bangga dengan batik karena telah di akui UNESCO sebagai salah satu Budaya Tak-benda Warisan Manusia..” -> Kamu sebenernya beneran bangga atau cuman sekedar ikut-ikutan bangga doang?

    “…saya yang dulu tak suka batik, sekarang dengan pastinya saya menyatakan kecintaan saya sama batik, baju batik saya sekarang bukan hanya baju batik sekolah saja, saya punya beberapa baju batik bahkan saya juga punya sandal dengan motif batik juga, jilbab saya juga ada yang bermotif batik.” -> Sehingga?

  3. Sekarang model batik sudah beragam ya, Mba.
    So, pants dipakai siapapun. Gak untuk yang berusia saja, ya. . .
    Sepupuku yang masih TK juga sudah pakai batik.😉

    Sukses ngontesnyaaaaaaaaa. .
    Kalau menang makan2 ya,. . . 😀

  4. Kalau bukan kita yang mencintai batik siapa lagi yang Mbak Mita. Bless in disguise sepertinya untuk kita saat ada pemberitaan besar2 tentang pengklaiman hak dari negara lain. Kalau bukan karena itu..kayaknya batik masih jadi anak tiri di rumahnya sendiri.

    Terima kasih sudah ikut meramaikan GA-saya Mbak Mita..Sudah tercatat sebagai peserta ya🙂

    • bener mbak, pemberitaan besar2 tentang pengklaiman hak dari negara lain ada sisi positifnya juga ya mbak, dengan di klaim gitu, kita semua serasa punya kewajiban menunjukan kepada dunia bahwa kita lah pemilik sesunggahnya,,,,

      sama-sama mbak, dan terimakasih sudah di catat sebagai peserta GA

  5. aku juga lagi seneng sama baju batik,,
    dari sekolah paud tempatku mengajar batiknya lucu warna hijau lumut
    sudah ku buat gamis dengan kombinasi bahan putih polos,,
    semoga menang GA- nya kak🙂

  6. mengeluhkan apa mengelu-elukan mit😀
    saya pas komentar ini lagi pake baju batik nih hehe.. saya juga suka pake baju batik biar bisa mampir di kondangan atau acara hajatan orang biar sekalian bisa numpang makan hehe

Minta komennya dong.....

