Tonjokan Yang Bikin Kenyang

Siapa pernah di tonjok???

Pasti rasanya sakit ya di tonjok orang, tapi di daerah banyuwangi kalau di tonjok orang itu rasanya seneng, karen bisa bikin kenyang.

Lho kok bisa???

Ya bisa dong

Saya baru tau kalau di tonjok bisa bikin kenyang sekitar satu bulan yang lalu, pas ngobrol bareng ayah dan ibuk

Ayah : Buk acara sunatan oye (keponakan saya yang tinggal di banyuwangi) di buat rame-rame atau sederhana

Ibuk : Ya rame-rame yah, rencananya mau ngeluarin lima ratus tonjokan kok

Saya yang dari tadi cuma nyimak kaget dengan jawaban ibuk

Saya : Lho buk di tonjok? Sakit dong

Ayah dan ibuk saya tertawa bersama

Lha anak kebingungan malah di tertawakan😦

Dan akhirnya ibuk saya yang emang orang banyuwangi menjelaskan bahwa yang di maksud tonjokan itu bukan di pukuli, tonjokan di banyuwangi ini tu salah satu adat turun temurun yang sampe saat ini masih di gunakan kalau ada acara hajatan.

Kalau di sidoarjo atau di daerah lain pada umumnya kalau ada hajatan ngundang teman atau sanak saudara biasanya pake undangan kertas dengan berbagai model yang menarik. Lha kalau didaerah banyuwangi ini ngundangnya pake tonjokan, tonjokan ini terdiri dari nasi, lauk, dan kue, biasanya di kemas jadi nasi kotak, terus di atas kardusnya di tempeli undangan, baru kemudian di bagikan ke teman atau sanak saudara yang akan di undang hajatannya. Kalau seandainya yang di undang sejumlah lima ratus orang, berarti yang punya hajat harus bikin tonjokan sebanyak lima ratus tonjokan.

62 thoughts on “Tonjokan Yang Bikin Kenyang

    • tapi mit aku yg pernah kecil di krian (ampe.skrg si) istilah itu ga asing. but lebih seringnya pke istilah “tinju”. hayooo bengep mana ditinju ama.ditonjok? yg jelas sama 2 enak dan mengenyangkan.
      bedanya klo tinju tuh lebih ke arah arti pengantin baru yg habis selesai menikah(sehari sampe bbrp hr stl hajatan) mengunjungi sodara2 dengan bawa makanan. sekalian momen akrab2 an gtu kali.

  1. tapi mit aku yg pernah kecil di krian (ampe.skrg si) istilah itu ga asing. but lebih seringnya pke istilah “tinju”. hayooo bengep mana ditinju ama.ditonjok? yg jelas sama 2 enak dan mengenyangkan.
    bedanya klo tinju tuh lebih ke arah arti pengantin baru yg habis selesai menikah(sehari sampe bbrp hr stl hajatan) mengunjungi sodara2 dengan bawa makanan. sekalian momen akrab2 an gtu kali.

Minta komennya dong.....

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s