Berburu Lumpia

lumpiah

Gambar dari sini

Saya suka lumpia, makanan asli semarang ini sudah menjadi makanan favorit saya sejak jaman masih sekolah SMK. Rasanya yang gurih, apalagi disantap dengan saus gulanya, terus ditambah daun bawang yang masih segar, aduh bikin saya ketagihan dech๐Ÿ˜€ . Dulu pas sekolah SMK saya tak perlu susah-susah cari penjual lumpia kalau lagi ngidam tu lumpia, karena saya punya langganan lumpia yang berjualan di depan sekolah saya. Lumpia langganan saya itu enak banget, kulitnya garing, terus isinya itu gk ada rembungnya, emang lumpia yang asli kan ada rembungnya sedangkan saya gk suka rembung jadi pas banget penjual lumpia yang ada di sekolah dulu, saosnya juga enak, dan yang paling penting itu, harganya murah Rp 500 per biji, hampir setiap 3 hari sekali saya beli lumpia itu.

Dan seletah 2 tahun udah gk sekolah tiba-tiba saya mulai ngidam lumpia yang disekolah itu, setelah di selidiki (kayak detektif aja pake menyelidiki segala๐Ÿ˜€ ) ternyata udah gk jual di sekolah lagi, ya jadinya saya mulai berburu lumpia, dan udah beberapa kali beli tenyata gk ada yang memuaskan, ada ding tapi cuma beberapa, lebih banyak yang mengecewakan dari pada yang bikin puas. Dulu sempet beli di pasar kaget ternyata isi mie hun, kecewa dech, terus sempat beli lagi di deket tempat kerja ternyata ada rembungnya, terus beli lagi di dekat pom bensin, dan ini yang paling buat saya kecewa selama berburu lumpia, karena mahal๐Ÿ˜€, 1 lumpia harganya Rp 2.500 dan ternyata isinya ayam dan rembung aja, dan rembungnya itu banyak banget.

Tapi berburu lumpia gk berhenti di situ, saya masih aja tetep beli kalau ada yang jual lumpia, meski banyak yang mengecewakan tapi dalam berburu lumpia kadang juga dapat lumpia yang enak meski gk seenak yang di sekolah dulu, pernah beli lumpia yang rada enakan itu di sekolah SMK juga tapi penjualnya yang beda, kalau langganan saya dulu jual di luar sekolah tapi kalau yang ini saya beli di kopsis, rasanya enak juga soalnya gk ada rembungnya tapi kulitnya kurang garing, tapi lumayan lah masih enak. Dan berburu lumpiah yang terakhir ya waktu saya gk sengaja ketemu penjual lumpia di perumahan deket rumah saya, dan ternyata gk nyesel beli lumpia yang ini, enak banget sama kayak yang langganan saya dulu, kulitnya garing, dan kulinya rasanya lebih enak dari langganan saya malah, terus isinya gk ada rembungnya, saosnya juga enak, ya meski harganya agak mahal, tapi gk apa dech, ada rasa ada hargakan. Dan sejak pertama saya beli lumpia disana saya langsung jatuh hati sama penjual lumpia yang ada di perumahan itu.

82 thoughts on “Berburu Lumpia

  1. Berburu lumpianya sampe Papua Barat ga? ditempat saya lumpianya enak-enak lho…,#coba dibayangin…,
    kulitnya garing,isinya ga ada rembung,saosnya enaaaaakkk…,banget, trus ga berminyak banget.hmmm…,delicioso…, *iiihhh…,Mita udah ngeces tuh….* xixixixixi

  2. aku pikir hasil hunting lumpia pas jalan2 / gowes minggu…. yg cerita kapan hari itu.
    kebalikan nih ama aku, aku suka yg ada rebungnya tuh. rata2 yang jual lumpia di surabaya ber-rebung deh. trus yg kamu suka berarti yg cuman isi taoge ama wortel itu?

      • Lumpia basah itu lumpianya memang jarang disatukan untuk digoreng dengan isinya, biasanya cuma dijadikan semacam ‘wadah’ untuk sayuran lainnya. Ada gak disana Mit?

      • Dua-duanya punya khas. Yang kering ya kayak Mita bilang. Kriuk. Kalau yang basah, jadi berasa bukan lumpia lagi malah. Hihi.

        Kalau lumpia biasa, kan digoreng itu sayuran barengan sama kulit lumpianya. Kalau lumpia basah, sayurannya yg digoreng sambil dikasih sambal, dll. Baru nanti “dituangkan” ke wadah lumpianya.๐Ÿ˜€

  3. kalo disini adanya risol. yang enak (menurut saya) justru yang kulitnya lembut, dibalur tepung panir, isinya sayuran masih renyah.๐Ÿ™‚ tapi btw saya suka rebung hehe…

Minta komennya dong.....

